Kamis, 22 Desember 2016

Perbedaan Event OnKeyPress, OnKeyDown, OnKeyUp

Dalam sebuah pemrograman, sudah pasti akan kita temui proses input melalui keyboard. Proses input ini biasanya menggunakan event dari sebuah komponen, event-event yang digunakan antara lain OnKeyPress, OnKeyDown, dan OnKeyUp.

Event Key
Oke...ini bukan catatan seperti biasanya, tapi untuk postingan kali ini hanya akan menjelaskan mengenai perbedaan dari OnKeyPress, OnKeyDown, OnKeyUp. 



OnKeyPress : event ini menangkap sebuah karakter yang sebenarnya. yang mana karakter ini terdapat pada sebuah key pada tombol keyboard, proses ini sementara akan terus berjalan ketika key tersebut ditekan. 

contoh
: sering kita jumpai huruf kecil dan huruf besar dengan capslock, untuk karakter huruf besar dan huruf kecil itu berbeda, karakter 'n' berbeda dengan karakter 'N'. Ketika kita menggunakan event OnKeyPress, maka karakter yang dibaca adalah karakter yang sebenarnya. jika yang ditekan adalah karakter 'n' maka hasilnya adalah 'n' tidak bisa menjadi karakter 'N'

atau begini, kalo kita liat keyboard biasanya dalam satu tombol terdiri dari dua karakter misalkan tombol ',' (koma) itu jadi satu dengan tombol '<' (kurung sudut), nah...kalo misal kita menggunakan OnKeyPress berarti kita mencari karakter yang sebenarnya, bisa ',' atau '<'.

OnKeyDown : event ini sebenarnya hampir sama dengan OnKeyPress, catet "hampir sama" bukan berarti semuanya sama. Disini ada perbedaan antara keduanya. yaitu karakter yang dibaca tidak harus sebenarnya. 

contoh : di Delphi, OnKeyDown membaca karakter dengan tipe data Word. disini tidak perlu menggunakan karakter asli. misalkan untuk huruf besar dan kecil itu jadi satu dengan cara seperti ini... Key := Ord('N') maka key tersebut akan membaca huruf N tanpa memperhatikan karakter huruf kecil atau huruf besar.

OnKeyUp : event ini kebalikan dari OnKeyDown, OnKeyDown membaca karakter ketika tombol ditekan, sedangkan OnKeyUp membaca karakter ketika tombol dilepaskan setelah ditekan. Jadi ketika kita menekan tombol angka '1', komputer belum membaca ada sebuah inputan. Tapi ketika tombol itu dilepas maka barulah komputer membaca inputan berupa angka '1'.

Okey...semoga bisa memahami tulisan saya yang amburadul ini...salam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar